UDiNus Repository

EFEKTIVITAS `BUKU PINTAR` BAGI KADER DI DESA SUBAH KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG ASI EKSKLUSIF

PRAMITA, FAIZAH NAILY (2016) EFEKTIVITAS `BUKU PINTAR` BAGI KADER DI DESA SUBAH KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG ASI EKSKLUSIF. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Angka kematian bayi tidak berdiri sendiri namun berhubungan dengan faktor-faktor lain, terutama gizi. Berdasarkan hasil pemantauan pemberian ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Subah pada tahun 2014 menunjukan bayi 0 – 6 bulan yang mendapatkan ASI Eksklusif sebesar 51,1% berarti terjadi penurunan dibanding tahun 2013 sebanyak 60,2 %. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media promosi yang efektif bagi kader di Desa Subah. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan dan di Desa Subah dengan beberapa tahap, tahap pertama yaitu melakukan wawancara dengan 8 kader posyandu untuk mengetahui analisis kebutuhan media selanjutnya tahap kedua pretest dengan 35 orang kader dan tahap ketiga melakukan pembuatan media, setelah media jadi dilakukan tahap keempat yaitu wawancara uji kelayakan media dengan 2 informan lalu tahap kelima media dibagikan ke para kader, untuk tahap terakhir yaitu posttest jarak waktu antara pretest dan posttest selama 3 minggu. Pendekatannya quasi experiment one group. Hasil dari penelitian ini rata-rata informan belum pernah mendapatkan buku panduan tentang ASI Eksklusif dan sebagian kecil saja informan yang diberi media promosi seperti leaflet, poster dan lain-lain. Setelah dilakukan perlakuan berupa media buku pintar tentang ASI Eksklusif maka ada perbedaan antara pengetahuan sebelum diberi media buku pintar tentang ASI Eksklusif dengan setelah diberi media buku pintar tentang ASI Eksklusif untuk kader (p=0,001). Kader diharapkan ketika diberi media promosi (buku pintar) agar disampaikan kepada ibu-ibu yang mempunyai bayi, hamil atau ke masyarakat lain .

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 14:30
    Last Modified: 22 Mar 2016 14:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17922

    Actions (login required)

    View Item