UDiNus Repository

Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Peraturan Perpajakan, Persepsi Efektivitas Sistem Perpajakan dan Pelayanan Fiskus terhadap Kemauan Membayar Pajak (Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Semara

YUNI, WIDIYASARI (2016) Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Peraturan Perpajakan, Persepsi Efektivitas Sistem Perpajakan dan Pelayanan Fiskus terhadap Kemauan Membayar Pajak (Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Semara. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3821b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini membahas tentang kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektivitas sistem perpajakan, dan pelayanan fiskus terhadap kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Semarang Selatan. Sikap wajib pajak yang menganggap bahwa pajak merupakan pengeluaran yang sia-sia merupakan salah satu wujud kurangnya kemauan wajib pajak dalam membayar pajak. Hal tersebut menjadi faktor penghambat kemauan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pajak. Maka dilakukan pengujian menggunakan 4 variabel dalam penelitian ini yang mempengaruhi kemauan wajib pajak dalam membayar pajak. Sampel terpilih 100 responden dengan teknik incidental sampling di Kecamatan Semarang Selatan. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis linear berganda. Kesimpulan dari hasil menunjukkan bahwa kemauan membayar pajak bukan didasarkan pada kesadaran, persepsi maupun melalui pelayanan petugas melainkan salah satu cara meningkatkan kemauan membayar pajak dengan cara meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peraturan pajak. Pengetahuan dan Pemahaman peraturan akan sanksi justru akan meningkatkan kemauan wajib pajak dalam membayar pajak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18083

    Actions (login required)

    View Item