SETYANA, PRATIWI INTAN (2016) Media Pembelajaran Shalat Fardhu (Wajib) 5 Waktu Untuk Anak Usia Dini 5 - 7 Tahun Melalui Perancangan Game Edukasi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Shalat fardhu atau shalat wajib dilakukan dalam 5 waktu; subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya’, merupakan ibadah wajib bagi semua umat Islam di dunia. Ibadah ini perlu diajarkan kepada anak sejak dini, akan tetapi saat ini banyak anak belum memahami tuntunan shalat fardhu ini karena beberapa faktor seperti; tidak efektifnya pembelajaran materi shalat dalam mata pelajaran agama di sekolah. Perancangan permainan atau game ini dimaksudkan sebagai media alternatif yang dapat membantu anak-anak dalam menghafal gerakan dan bacaan shalat fardhu 5 waktu yang baik dan benar menurut syari’at Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi kepada target audiens secara langsung untuk mengetahui permasalahan utama yang paling mendasar yaitu banyaknya anak yang tidak memahami gerakan shalat, urutan shalat serta tidak menghafal bacaan shalat. Serta angket yang ditujukan kepada target audiens sebagai acuan untuk pendekatan gaya visual. Analisis data menggunakan metode deskriptif dengan kerangka 5 W dan 1 H. Game dirancang untuk platform android yang banyak digunakan dalam smartphone dengan genre casual yang mudah dimainkan anak sehingga membantu mereka dalam memahami isi dari game tersebut.
Actions (login required)