NUR, ANISSA (2016) FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN UNSAFE ACTION PENGGUNA GADGET PADA SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview | |
| PDF Download (381Kb) | Preview | |
| PDF Download (94Kb) | Preview | |
| PDF Download (114Kb) | Preview | |
| PDF Download (88Kb) | Preview | |
| PDF Download (90Kb) | Preview | |
| PDF Download (96Kb) | Preview | |
| PDF Download (89Kb) | Preview | |
| PDF Download (165Kb) | Preview | |
| PDF Download (294Kb) | Preview | |
| PDF Download (258Kb) | Preview | |
| PDF Download (87Kb) | Preview | |
| PDF Download (168Kb) | Preview |
Abstract
Perangkat gadget saat ini sudah menyebar dikalangan masyarakat termasuk anak-anak. Seperti fenomena pada saat ini, bukan hal yang biasa lagi kita melihat anak-anak yang mampu mengoperasikan perangkat gadget ini. Gadget ini tidak hanya digunakan untuk sarana berkomunikasi, tetapi dapat juga digunakan sebagai sarana hiburan dan informasi. Tujuan dari penelitian ini untuk Menganalisis faktor-faktor determinan unsafe action pengguna gadget pada SD Islam Tunas Harapan dan SD Negeri Candi 04 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. adapun jumlah sampel dalam penelitian ini 128. instrumen penelitian kuesioner. instrumen penelitian diolah dengan spss menggunakan uji statistik Rank spearman. Umur responden dalam penelitian ini yaitu 8-11 tahun ada beberapa dari mereka yang masih menerapkan aspek aman dalam menggunakan gadget. Pengetahuan responden yang tidak tahu tentang bahaya maupun penggunaan yang aman masih banyak. Sarana gadget pun tersedia, meskipun responden mengatakan gadget tidak begitu penting. Teman-teman di lingkungan pergaulan dan lingkungan sekolahresponden banyak yang menggunakan gadget. Lingkungan keluarga memfasilitasi gadget terhadap responden tetapi tetapmembatasi responden dalam menggunakan gadget. Sehingga dalam penelitian ini ada hubungan antara pengetahuan dan lingkungan keluarga dengan unsafe action pengguna gadget. Tidak ada hubungan antara umur, sarana, lingkungan pergaulan dan lingkungan sekolah dengan unsafe action pengguna gadget. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya responden diberikan pengetahuan tentang efek positif maupun negatif gadget, dan orangtua harus mendampingi anak ketika sedang menggunakan gadget.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:23 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 14:23 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19111 |
Actions (login required)
View Item |