UDiNus Repository

PENATAAN BARANG PADA MINIMARKET FAT MART MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

AHMAD, MUBAROK ZAKI (2016) PENATAAN BARANG PADA MINIMARKET FAT MART MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3955b) | Preview

    Abstract

    Minimarket FAT MART adalah sebuah toko yang menjual berbagai jenis produk, minimarket ini menggunakan sistem komputerisasi dalam menjalankan proses bisnisnya. Minimarket FAT MART mengalami kendala dalam melakukan penempatan produk-produknya di dalam toko, membuat promo bundling untuk meningkatkan penjualan, serta mengetahui produk-produk apa saja yang laku terjual pada pada periode waktu tertentu. Dengan banyaknya data transaksi yang akan diolah dan dianalisa maka dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengolah dan menganalisa data transaksi tersebut sehingga menghasilkan suatu informasi tentang hubungan asosiasi antar produk pada minimarket FAT MART. Berdasarkan permasalahan diatas maka perlu dilakukan penggalian informasi terhadap data transaksi yang ada sehingga menghasilkan sebuah output berupa saran penataan barang. Data mining adalah teknik menggali informasi data berskala besar untuk melakukan ekstraksi informasi yang terkandung di dalamnya.Aplikasi tersebut dibuat menggunakan algoritma apriori dan bahasa pemrograman Visual Basic dan Microsoft Access database. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data transaksi tersebut yaitu berupa saran penataan barang sebanyak 7 saran yaitu diantaranya "Yakult/Biji sebaiknya diletakan berdekatan dengan Yakult" dengan nilai support dan confidence tertinggi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:28
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19392

    Actions (login required)

    View Item