DERI, PRATAMA ADE (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN DAN PRAKTIK PETUGAS PASIEN BPJS DENGAN WAKTU PELAYANAN RAWAT JALAN DI LOKET DI RSUD Dr. ADHYATMA, MPH SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview | |
| PDF Download (308Kb) | Preview | |
| PDF Download (411Kb) | Preview | |
| PDF Download (100Kb) | Preview | |
| PDF Download (160Kb) | Preview | |
| PDF Download (171Kb) | Preview | |
| PDF Download (181Kb) | Preview | |
| PDF Download (231Kb) | Preview | |
| PDF Download (173Kb) | Preview | |
| PDF Download (209Kb) | Preview | |
| PDF Download (348Kb) | Preview | |
| PDF Download (86Kb) | Preview | |
| PDF Download (91Kb) | Preview |
Abstract
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah salah satu badan hukum publik yang bertanggungjawab dan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia termasuk orang asing yang berkerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia. Berdasarkan hasil survey awal terhadap 10 pasien,diperoleh 30% sudah memahami tentang BPJS, dan 50% praktik petugas kurang baik terhadap pelayanan diloket rawat jalan.Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pengetahuan pasien dan praktik pasien BPJS dengan waktu pelayanan rawat jalan diloket RSUD Dr. Adhyatma, MPH Semarang Tahun 2016. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan mengamati secara langsung kegiatan yang dilaksanakan dengan pendekatan cross-sectional, dan teknik sampling menggunakan accidental sampling. metode pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument kuesioner. Jumlah sampel ada 86 pasien rawat jalan yang sedang melakukan pendaftaran diloket. Uji statistic menggunakan uji korelasi Chi Square Hasil penelitian menunjukkan pasien dengan umur paling muda 18 tahun (5.8%) dan paling tua 50 tahun(4.7%) dengan pendidikan rata-rata Sarjana (54.7%), dan menggunakan kartu BPJS jenis Mandiri (74.4%) dan sudah pernah mendapatkan informasi tentang BPJS sebanyak (55.8%). pengetahuan responden tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sudah baik yaitu (72.1%), dan (76.7%) persepsi responden terhadap pelayanan diloket baik, dan ada hubungan antara Pengetahuan Pasien Rawat Jalan RSUD dengan Waktu dengan p-value 0,000. dan ada hubungan antara Praktik petugas Pasien BPJS dengan Waktu dengan p-value 0,000. Berdasarkan penelitian diatas, maka diperlukan ada nya sosialisasi oleh pihak BPJS terhadap masyarakat dan poster atau spanduk tentang hak dan kewajiban khususnya pelayanan rawat jalan disekitar loket pendaftaran, monitoring oleh kepala unit rawat jalan terhadap kinerja petugas loket pendaftaran, melalui kebijakan timer management sebagai berikut penerapan SOP waktu pelayanan loket rawat jalan <10menit.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:51 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 14:51 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20263 |
Actions (login required)
View Item |