UDiNus Repository

GAMBARAN PENGETAHUAN DOKTER DAN PERAWAT MENGENAI PENGISIAN ANAMNESA EXTERNAL CAUSE UNTUK KEPENTINGAN ASURANSI TRIWULAN I DI RSUD TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2016

YULIA, PURWORINI RETNARI (2016) GAMBARAN PENGETAHUAN DOKTER DAN PERAWAT MENGENAI PENGISIAN ANAMNESA EXTERNAL CAUSE UNTUK KEPENTINGAN ASURANSI TRIWULAN I DI RSUD TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survei awal, 10% dokumen rekam medis gawat darurat sudah terisi lengkap , 90% anamnesa sudah terisi tetapi tidak menjelaskan secara lengkap kronologi sebab kecelakaan, karena external cause tidak masuk dalam biaya . Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan pengetahuan dokter dan perawat tentang pengisian anamnesa terhadap external cause dan pengaruh bagi asuransi di RSUD Tugurejo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah 132 dokumen rekam medis pada lembar anmnesa gawat darurat triwulan I tahun 2016, 21 dokter IGD, dan 21 perawat IGD di RSUD TUGUREJO Semarang. Terdapat 93,3 % dokter lulus dari S1 kedokteran 93,3%, 73,3% perawat lulus dari D3 keperawatan, 26,7% dokter memiliki masa kerja selama 2 tahun, dan 26,3% perawat memiliki masa kerja selama 12 tahun. Dokter telah mengikuti pelatihan ATLS dan ACLS, dan kegawatdaruratan, sementara perawat telah mengikuti pelatihan BTCLS, PPGD, ENIL , dan in house training. Sebagian dokter dan perawat sudah mengetahui pentingnya anamnesa pasien tetapi belum melaksanakan dengan baik. Belum ada protap untuk mengisi anamnesa. Tidak ada pengaruh eksternal cause terhadap asuransi, tetapi hak tersebut penting untuk laporan statistika rumah sakit (RL 4 morbiditas ). 57 DRM tidak lengkap. Saran, sosialisasi tentang eksternal cause untuk kelengkapan asuransi perlu dilakukan, membuat kebijakan yang mengatur tentang pengisian anamnesa, membuat protap tentang pengisian anamnesa.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:07
    Last Modified: 04 May 2017 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21401

    Actions (login required)

    View Item