UDiNus Repository

Kesiapan Akreditasi KARS Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI) Standar MKI 10 di Bagian Filing RSUD Banyumas Tahun 2016

EKO, PRASETYO AJI (2016) Kesiapan Akreditasi KARS Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI) Standar MKI 10 di Bagian Filing RSUD Banyumas Tahun 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Manajemen Komunikasi dan Informasi Standar 10 pada Akreditasi Rumah Sakit berisi tentang aspek kerahasiaan dan terjaganya privasi informasi. Pada RSUD Banyumas ditemukan permasalahan berupa pengambilan DRM tidak menggunakan tracer, selain petugas rekam medis diperbolehkan masuk ke ruang filing. Hal ini dikhawatirkan berdampak pada buruknya kualitas Akreditasi Rumah Sakit. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode yang digunakan observasi pelaksanaan kepatuhan terhadap Prosedur Operasional kepada 5 petugas filing, 1 petugas Visum et Repertum, dan 1 Kepala Rekam Medis RSUD Banyumas. Pendekatan yang digunakan yaitu cross sectional. Berdasarkan hasil penelitian untuk diketahui sudah tersedia 10 Standar Prosedur Operasional dalam mendukung Standar MKI 10 RSUD Banyumas. persiapan Akreditasi Standar MKI 10 belum tercapai sepenuhnya dan hanya mencapai 93% dikarenakan pelaksanaan kebijakan terkait dengan kerahasiaan informasi medis belum dilaksanakan sepenuhnya. Identifikasi dokumen pendukung pada SPO peminjaman berkas rekam medis menyebutkan penggunaan tracer masih terkait dalam penyimpanan maupun pengembalian sedangkan penyimpanan/pengembalian kembali berkas rekam medis untuk penggunaan tracer tidak digunakan di RSUD Banyumas. Kendala yang dirasakan petugas belum tercapai sepenuhnya pelaksanaan SPO, masih adanya petugas non-rekam medis yang masih masuk ke dalam ruang filing Berdasarkan hasil pengamatan perlu untuk pembaharuan kebijakan terkait dengan penggunaan tracer. Sebaiknya memberikan pemahaman atau mengsosialisasikan kepada seluruh petugas non-rekam medis untuk tidak masuk ke ruang filing demi terjaganya kerahasiaan privasi data pasien dan pemonitoran perlu meninjau langsung proses pelaksanaannya kepada petugas dan diperlukan adanya instrument atau pedoman khusus untuk menilai.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:08
    Last Modified: 04 May 2017 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21406

    Actions (login required)

    View Item