UDiNus Repository

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN ANGKATAN 2013 – 2015 UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2016

INA, HADIYATI SETYANA (2016) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN ANGKATAN 2013 – 2015 UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kebiasaan merokok adalah suatu aktivitas praktek yang berkembang menjadi pengguna secara tetap dalam kurun waktu beberapa tahun. Perempuan lebih banyak terpengaruh oleh lifestyle yang tidak baik dibanding lelaki.Mahasiswi sebagai kaum intelektual bangsa menghadapi permasalahan serius mengenai perilaku merokok. Meskipun mahasiswi ini adalah mahasiswi kesehatan dan cenderung lebih mengerti akan bahaya atau resiko dari rokok, akan tetapi mereka tidak terlalu memperdulikan karena merokok sudah menjadi kebiasaan dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Gambaran Perilaku Merokok Mahasiswi Fakultas Kesehatan 2013 – 2015 Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Sampel yang digunakan terdiri 50 mahasiswi Fakultas Kesehatan UDINUS. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode Survey analitik dengan rancangan Cross Sectional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner yang diolah dengan spss menggunakan uji statistik fisher exact. Hasil penelitian dengan 50 responden Mahasiswi Fakultas Kesehatan Dian Nuswantoro Semarang menunjukan terdapat satu variabel yang berhubungan yaitu pada variabel nilai dengan perilaku merokok mahasiswi yaitu dengan nilai p value 0,022 sedangkan empat variabel lainya meliputi pengetahuan dengan p value 0,464, sikap dengan p value 0,638, pengaruh perilaku merokok keluarga dengan p value 0,286, dan pengaruh perilaku merokok teman dengan p value 0,491 tidak ada hubungan dengan perilaku merokok mahasiswi. Perilaku merokok lebih didasarkan atas pertimbangan emosional. Perokok perlu memperhatikan nilai-nilai norma dan budaya yang sehat, selain itu juga perlu diberi pendekatan dan perhatian agar perokok nyaman untuk diberi nasehat sehingga ada peningkatan kesadaran bahaya merokok agar perlahan ingin menuju perubahan berhenti merokok misalnya dengan peer edukator dan konseling dengan teman sebaya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:11
    Last Modified: 04 May 2017 15:11
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21428

    Actions (login required)

    View Item