UDiNus Repository

ANALISIS STRES KERJA KARYAWAN DI PT SINAR PANTJA DJAJA PADA UNIT PRODUKSI SPINNING III DAN UNIT NON PRODUKSI SEMARANG TAHUN 2016

MULIANA, NINGSIH (2016) ANALISIS STRES KERJA KARYAWAN DI PT SINAR PANTJA DJAJA PADA UNIT PRODUKSI SPINNING III DAN UNIT NON PRODUKSI SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan observasi yang dilakukan di PT. Sinar Pantja Djaja Semarang di bagian produksi spinning III dan non produksi terlihat bahwa semua pekerjaan dilakukan secara terus menerus dengan gerakan yang sama. Proses tersebut dapat mempengaruhi beban kerja fisik dan dapat menimbulkan kelelahan hingga pada stres kerja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis stress kerja karyawan di PT. Sinar Pantja Djaja Semarang pada unit produksi dan non produksi. Jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden 69 sampel. Sampel diambil secara proportional sampling dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan wawancara. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini adalah bahwa ada hubungan antara umur dengan stres kerja (p=0.019) OR: 3,220, tingkat pendidikan dengan stres kerja (p=0.035) OR: 3,250, status perkawinan dengan stres kerja (p=0.009) OR: 6,820 dan jenis pekerjaan dengan stres kerja (p=0.001) OR: 6,000. Tidak ada hubungan antara jenis kelamin dengan stres kerja (p=0.866) OR: 1,086 dan masa kerja dengan stres kerja (p=0.276) OR: 0,589. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka penulis menyarankan Menyediakan fasilitas berupa tempat istirahat yang berada diluar tempat produksi, penyesuaian beban kerja berdasarkan umur pada unit produksi Spinning III, dan saling mendukung dan memberikan support baik atasan maupun rekan kerja dan selalu bersikap baik dengan sesama rekan kerja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21444

    Actions (login required)

    View Item