UDiNus Repository

ANALISIS KEPATUHAN PETUGAS FILING TERHADAP STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) RETENSI DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG TAHUN 2016

EMILIA, JUWITA (2016) ANALISIS KEPATUHAN PETUGAS FILING TERHADAP STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) RETENSI DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang : Kepatuhan adalah perilaku sesuai aturan atau berdisiplin. SOP retensi yang ada di rumah sakit panti wilasa citarum dimulai dari melihat data di SIMRS, setelah itu petugas filing memisahkan dokumen yang aktif dan tidak aktif. Sedangkan pada kenyataanya pelaksanaan retensi dimulai dari mengambil dokumen langsung ke rak kemudian petugas filing memisahkan antara dokumen aktif dengan dokumen tidak aktif. Petugas melakukan retensi berpedoman pada aturan yang telah disepakati bersama, tetapi peraturan tersebut belum tertulis dan disahkan. Terdapat Ketidaksesuaian antara standar yang ada dengan kenyataan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepatuhan petugas filing terhadap standar operasional prosedur (SOP) retensi di rumah sakit panti wilasa citarum semarang. Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Objek penelitian ini adalah standar operasional prosedur. Subjek penelitian ini adalah 8 petugas filing. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan petugas filing terhadap SOP rendah. Dari keempat aspek yang ada pada SOP, tingkat kepatuhan terhadap SOP aspek 1 dan aspek 2 pada seluruh petugas rendah, sebagian besar petugas patuh terhadap SOP aspek ke 3. Hanya aspek ke 4 yang tingkat kepatuhan seluruh petugas tinggi. Pengetahuan petugas tentang pelaksanan retensi masih kurang. Ada juga sebagian petugas yang mengatakan tidak ada SOP. Sosialisasi SOP sudah pernah dilakukan. Petugas belum pernah memperoleh pelatihan tentang retensi. Saran : Rumah sakit sebaiknya mengadakan pelatihan dan sosialisasi tentang SOP retensi, membuat kebijakan secara tertulis yang sah.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21449

    Actions (login required)

    View Item