ARDIANDA, PRAKOSO ARYO (2017) PENERAPAN DATA MINING ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK MOTOR YAMAHA (Studi Kasus PT. Arista Mitra Lestari). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview | |
Image (JPEG) Download (0b) | ||
| PDF Download (2778b) | Preview | |
| PDF Download (62Kb) | Preview | |
| PDF Download (865Kb) | Preview | |
| PDF Download (190Kb) | Preview | |
| PDF Download (113Kb) | Preview | |
| PDF Download (143Kb) | Preview | |
| PDF Download (115Kb) | Preview | |
| PDF Download (100Kb) | Preview | |
| PDF Download (294Kb) | Preview | |
| PDF Download (115Kb) | Preview | |
| PDF Download (54Kb) | Preview |
Abstract
Kendaraan roda dua merupakan salah satu moda transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tingginya tingkat persaingan dalam penjualan produk kendaraan roda dua menuntut para manajer PT. Arista Mitra Lestari untuk terus berkembang dalam hal meningkatkan mutu dan pelayanan perusahaan, dalam hal ini eksistensi pelanggan adalah faktor penting dalam menjalankan usaha. Namun dalam prakteknya pemsaran yang dilakukan oleh para sales PT. Arista Mitra Lestari masih terkesan acak dan membuat proses pemasaran tersebut menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya suatu strategi dalam memasarkan produk kendaraan roda dua tersebut, dalam hal ini salah satu potensi yang dapat digunakan adalah dengan cara mengolah data penjualan milik perusahan tersebut, salah satu teknik yang dilakukan adalah dengan mencari association rule yang ada pada variable alamat customer dan produk kendaraan yang terjual didalam data tersebut dengan algoritma apriori untuk mendapatkan rule. Dalam pengolahan association rule trend penjualan kendaraan berdasarkan wilayah tempat tinggal pelanggan dengan masukan support 5% dan confidence 50% telah ditemukan 6 rules. Setiap masing-masing association rule memiliki nilai ratio lift > 1 yang menunjukan bahwa association rule tersebut valid. Dari rule yang diperoleh diketahui bahwa pelanggan daerah Compreng memiliki kecenderungan untuk membeli kendaraan jenis Vixion, hasil dari pengolahan data tersebut nantinya bisa dijadikan alat bantu bagi para manajer PT. Arista Arista Mitra Lestari dalam mengambil keputusan yang lebih baik dalam memasarkan produk kendaraan roda dua tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 16:00 |
Last Modified: | 04 May 2017 16:00 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22253 |
Actions (login required)
View Item |