UDiNus Repository

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PETUGAS SURVEILANS KESEHATAN (GASURKES) KIA DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL DI WILAYAH PUSKESMAS TLOGOSARI KULON KOTA SEMARANG TAHUN 2017

RIZKY, LESTARI APRILIANTI (2017) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PETUGAS SURVEILANS KESEHATAN (GASURKES) KIA DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL DI WILAYAH PUSKESMAS TLOGOSARI KULON KOTA SEMARANG TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini menggunakan desain Crossectional, dengan dua variabel yaitu variabel bebas dan terikat, dan terdapat 75 respondenyaitu ibu hamil. Kemudian pengumpualn data dengan cara mengupulakn data primer, dan sekunder , intstrumen penelitian ini adalah menggunakan kuesioner, kemudian diolah dan dianalisis menggunakan uji rank spearman. Karakteristik menurut umur responden paling banyak pada retan umur 25-29 tahun (50%). Menurut usia kehamilan tertinggi pada trimester II dan III (63,2%). Karakteristik pendidikan tertinggi adalah SLTA (51%). Berdasrkan aspek kepuasan ibu hamil dengan jawaban responden kualitas cukup (59,2%). Dan Berdasarkan kualitas Gasurkes dengan jawaban kurang puas sebesar (23,7%) . Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan petugas surveilans kesehatan(gasurkes) KIA dengan kepuasan ibu hamil hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji rank spearman nilai p value = 0,005 <0,05 sehingga terdapat korelasi yang bermakna atau terdapat hubungan antara kaulitas dengan kepuasan, nilai korelasi yang bermakna atau terdapat hubungan antara kualitas dan kepuasan, nilai korelasi sangat kuat dengan pola positif r = 0,324 Diharapkan agar petugas sruveilans keshatan KIA lebih meningkatkan kinerja kinerja pada saat melakukan kunjungan untuk pendampingan kehamilan, serta perperan lebih aktif dalam pemberian informasi kesehatan kesehatan kehamilan, maupun resiko kehamilan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22550

    Actions (login required)

    View Item