UDiNus Repository

BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN PROGRAM JPK (JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN) BERUPA RAWAT JALAN OLEH PT HUTAMA KARYA SEMARANG 2007.

IRMA, PUTRIAWATI (1970) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN PROGRAM JPK (JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN) BERUPA RAWAT JALAN OLEH PT HUTAMA KARYA SEMARANG 2007. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (29Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam rangka meningkatkan produktifitas PT Hutama Karya mewajibkan karyawan mengikuti program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan adalah upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan. Jumlah karyawan yang memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan berjumlah 43 orang (48 %) dari 90 jumlah karyawan tetap. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor–faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan program JPK (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan) berupa rawat jalan oleh PT Hutama Karya. Jenis penelitian deskriptif analitik dan metode yang digunakan survei dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 90 orang yaitu karyawan tetap yang bekerja di PT Hutama Karya, dengan jumlah sampel sebanyak 47 orang yang diambil secara simple random sampling . Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data yang diperoleh diolah dan dianalisa dengan Uji Rank Spearman. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan pemanfaatan pelayanan program JPK (p value : 0,002), ada hubungan antara sikap dengan pemanfaatan pelayanan program JPK (p value : 0,008) dan ada hubungan antara keterjangkauan fasilitas dengan pemanfaatan pelayanan program JPK (p value : 0,017). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar pihak perusahan memberikan pengarahan dan sosialisasi kepada karyawan untuk meningkatkan pengetahuan tentang Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan dan melakukan kunjungan ke pelayanan kesehatan yang dituju untuk melihat dan mengevaluasi apakah hak karyawan sebagai peserta terpenuhi dan pelayanan yang diberikan dapat diterima oleh karyawan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 15:22
    Last Modified: 20 Nov 2014 23:52
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7395

    Actions (login required)

    View Item