AFZIZAR, SUPRIYANTI (2013) TINJAUAN PROSEDUR PENDAFTARAN PASIEN JAMKESMAS DI TPPRJ RUMAH SAKIT BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG TAHUN 2013. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Surat rujukan adalah bukti yang digunakan rumah sakit untuk mengetahui jenis pelayanan kesehatan apa yang akan diterima pasien di rumah sakit sesuai keluhan pasien, serta yang telah ditunjuk oleh puskesmas. Di RS Bhakti Wira Tamtama banyak pasien Jamkesmas pada saat berobat tidak membawa surat rujukan dari puskesmas, KTP dan KK yang tidak sesuai dengan Kartu Jamkesmas yang dimilikinya. Akibatnya petugas sulit melayani pasien tersebut. Bagi rumah sakit tidak adanya surat rujukan akan menghambat proses pelayanan di loket pendaftaran Jamkesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pendaftaran pasien Jamkesmas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif , dengan metode survei. Subjek penelitian yaitu petugas Jamkesmas dan pasien Jamkesmas sedangkan objek penelitian prosedur pendaftaran pasien rawat jalan di RS Bhakti Wira Tamtama Semarang. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara yang berisi daftar kuesioner yang kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif yaitu menguraikan objek penelitian untuk memperoleh penjelasan yang berkenaan dengan objek tersebut selanjutnya diambil suatu kesimpulan. Berdasarakan hasil wawancara didapatkan hasil 21 pasien dengan prosentase 70% sudah mengetahui syarat pendaftaran dan 9 pasien dengan prosentase 30% belum mengetahui syarat pendaftaran, 23 pasien dengan prosentase76.7% sudah mengetahui protap dan 7 pasien dengan prosentase 23.3% belum mengetahui protap, dan 25 pasien dengan prosentase 83.3% sudah mengetahui prosedur pendaftaran dan 5 pasien dengan prosentase 16.7% belum mengetahui prosedur pendaftarannya. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan prosedur pendaftaran pasien Jamkesmas di RS Bhakti Wira Tamtama semarang masih sering terjadi keterlambatan pelayanan kepada pasien Jamkesmas di TPPRJ karena kurangnya pengetahuan pasien terhadap persyaratan, alur dan prosedur pendaftaran dengan menggunakan kartu Jamkesmas. Dari kesimpulan tersebut disarankan perlu diadakannya sosialisasi terhadap pasien Jamkesmas dan perlu pemasangan papan alur prosedur pendaftaran pasien Jamkesmas di tempat yang strategis agar memudahkan pasien dalam memahami dan mengingat prosedur tersebut. Kata kunci : Pedoman pelaksanaan Jamkesmas 2012, prosedur pendaftaran pasien Jamkesmas Kepustakaan : 7 Buah ( 2007 – 2012 )
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:36 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 15:38 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7897 |
Actions (login required)
View Item |