ELTINA, DEWI LUPITASARI (2014) TINJAUAN PROSEDUR PELAYANAN DOKUMEN REKAM MEDIS POLIKLINIK DARI FILING RSUD TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2014. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (77Kb) | Preview | |
| PDF Download (5Kb) | Preview |
Abstract
ABSTRAK TINJAUAN PROSEDUR PELAYANAN DOKUMEN REKAM MEDIS POLIKLINIK DARI FILING RSUD TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2014 ELTINA LUPITASARI DEWI Penyelenggaraan rekam medis merupakan salah satu faktor dalam pelayanan rumah sakit yang menentukan baik buruknya mutu pelayanan rumah sakit. Berdasarkan hasil survey awal dari 10 DRM poliklinik yang dilakukan perhitungan respon time, 8 DRM masih mengalami keterlambatan. Keterlambatan pelayanan DRM tersebut kemungkinan diakibatkan karena keterlambatan pengembalian dari rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengetahuan petugas filing, mengidentifikasi sarana yang digunakan dalam pelayanan DRM, mengidentifikasi prosedur pengembalian DRM dan mendeskripsikan prosedur pelayanan DRM di filing RSUD Tugurejo Semarang. Metode penelitian dilakukan secara observasi dan wawancara dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pelayanan DRM Poliklinik di filing RSUD Tugurejo Semarang. Sedangkan subjek penelitian adalah 10 orang petugas filing. Sumber data diambil berdasarkan Protap mengenai prosedur pelayanan DRM di filing RSUD Tugurejo Semarang. Dengan menggunakan istrumen penelitian yaitu pedoman wawancara, checklist sarana yang digunakan untuk pelayanan dan pedoman obseravasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa prosentase pengetahuan petugas yaitu 83,75% petugas “Tahu” dan 16,25% petugas “Tidak Tahu” dari 10 responden dengan beberapa pertanyaan yang peneliti ajukan. RSUD Tugurejo Semarang menggunakan sarana dengan baik bahkan dapat mengembangkan penggunaan sarana menjadi lebih baik. Dalam prosedur pengembalian DRM di RSUD Tugurejo Semarang sudah sesuai dengan teori hanya belum disiplin mengenai waktu pengembaliaanya. Sedangkan pada prosedur pelayanan DRM, petugas tidak langsung mendistribusikan DRM ke masing – masing Poliklinik. Saran yang berikan adalah dengan mengadakan pelatihan khusus rekam medis pada semua petugas filing, untuk sarana pelayanan DRM akan lebih baik bila dilakukan pembaharuan dan perawatan secara teratur. Pada prosedur pengembalian DRM akan lebih baik bila petugas filing secara rutin dapat melakukan pemantauan dan pengendalian DRM. Dan untuk prosedur pelayanan DRM disarankan untuk memberikan seorang petugas filing tugas untuk pendistribusian dokumen rekam medis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:40 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 12:28 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/7995 |
Actions (login required)
View Item |