UDiNus Repository

Analisis Kemampuan Mengubah Verba ke Bentuk -te dari Bentuk -masu dan Bentuk Kamus pada Siswa Kelas XII Bahasa SMA Negeri 16 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

HADI, SUSANTO (2012) Analisis Kemampuan Mengubah Verba ke Bentuk -te dari Bentuk -masu dan Bentuk Kamus pada Siswa Kelas XII Bahasa SMA Negeri 16 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi,Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
Download (3924b) | Preview

    Abstract

    Banyak perubahan verba bahasa Jepang yang harus dipahami dan diterapkan siswa, baik dalam menulis kalimat, membuat karangan, maupun mengerjakan soal bahasa Jepang. Hal inilah yang menjadikan verba sebagai salah satu kendala pemerolehan bahasa asing bagi siswa. Mengingat bahasa Jepang menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan secara nasional, penulis merasa tertantang untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu memahami penggunaan verba –te yang jelas-jelas sangat esensial, dan potensial muncul di soal ujian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan angket dan tes. Dengan responden siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 16 Semarang yang berjumlah 26 siswa, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa mengubah verba ke bentuk –te dari bentuk –masu ternyata lebih baik daripada dari bentuk kamus. Buku sumber sangat mempengaruhi siswa untuk mampu mengubah verba ke bentuk –te dari bentuk kamus. Pada pelatihan pengubahan bentuk verba, baik dari buku pelajaran maupun dari guru, tidak terdapat pelatihan yang menyertakan verba bentuk kamus.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Jepang
    Z Literatur, Sastra > Bahasa Jepang
    Divisions: Fakultas Ilmu Budaya
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 07 Oct 2014 16:17
    Last Modified: 20 Nov 2014 09:44
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8116

    Actions (login required)

    View Item