UDiNus Repository

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY studi empiris pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI 2009-2011

AURELIA, (2013) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY studi empiris pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI 2009-2011. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (727Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Tanggung jawab sosial perusahaan itu sendiri dapat digambarkan sebagai ketersediaan informasi keuangan dan non-keuangan berkaitan dengan interaksi fisik dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya, yang dapat dibuat dalam laporan tahunan perusahaan atau laporan sosial terpisah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan financial leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri dari 63 perusahaan yang terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda pada tingkat signifikansi 5%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan hasil : (1) Ukuran Perusahaan (Log Total Aset) menunjukkan nilai signifikasi 0,586 Nilai tersebut lebih besar dari 0,05, sehingga hipotesis pertama (H1) ditolak. (2) Profitabilitas (EPS) menunjukkan nilai signifikansi 0,844. Nilai tersebut lebih besar dari 0,05, sehingga hipotesis kedua (H2) ditolak. (3) Financial Leverage (DER) menunjukkan nilai signifikansi 0,004. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis ketiga (H3) diterima. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan tingkat signifikansi 0.001, nilai ini lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa variable ukuran perusahaan, profitabilitas, dan financial leverage mempengaruhi secara signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kata kunci : pengungkapan tanggung jawab sosial, ukuran perusahaan (Log TA), profitabilitas (EPS), financial leverage (DER)

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 07 Oct 2014 16:47
      Last Modified: 20 Nov 2014 01:44
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8504

      Actions (login required)

      View Item