ANTONIA, WIJAYANI HARDIAZTARI (2013) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN INFORMASI SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
| PDF Download (345Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Tangung jawab sosial atau Corporate Sosial Responsibility (CSR) merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat. Corporate Sosial Responsibility merupakan sebuah gagasan yang menjadikan perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan informasi sosial pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor tersebut adalah ukuran perusahaan, Profitabilitas, Dewan direksi asing, Komposisi komisaris Independen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufakture yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia periode 2009 - 2011. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 51 sampel dan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Jenis data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan ICMD (Indonesia Capital Market Directory). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan sebesar 0,27, dewan direksi asing sebesar 0,27, komposisi komisaris independen sebesar 0,032 berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan Profitabilitas sebesar 0,807 tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, tetapi secara simultan semuanya berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi Ilmu Sosial > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 16:49 |
Last Modified: | 19 Nov 2014 23:46 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/8566 |
Actions (login required)
View Item |