UDiNus Repository

Alokasi Biaya Bersama dalam Menentukan Harga Pokok Produksi Freshmilk (Studi Kasus UMKM Freshmilk Koemilk)

RISDHA, PRABOWO DWI (2017) Alokasi Biaya Bersama dalam Menentukan Harga Pokok Produksi Freshmilk (Studi Kasus UMKM Freshmilk Koemilk). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3954b) | Preview
    [img] Image (JPEG)
    Download (0b)
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (482Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (121Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (90Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (791Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (283Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (91Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (309Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (172Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (213Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (99Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          PDF
                          Download (84Kb) | Preview
                            [img]
                            Preview
                            PDF
                            Download (210Kb) | Preview

                              Abstract

                              Perhitungan biaya bersama merupakan biaya yang diolah secara bersama dalam mengolah bahan baku untuk beberapa tahapan proses produksi sehingga menghasilkan dua atau lebih macam produk. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Freshmilk Koemilk yang beralokasi di Jl. Prof. Moh. Yamin IV Slawi kabupaten Tegal yang bergerak dalam usaha produksi susu sapi, data yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif berupa analisis data biaya produksi. Sumber data berupa data sekunder yang berupa dari dokumentasi secara langsung dengan pihak UMKM Freshmilk Koemilk. UMKM Freshmilk Koemilk tidak menghitung harga pokok produksi secara rinci dan tidak mengalokasikan biaya sesuai dengan yang seharusnya. Metode nilai jual relatif merupakan metode yang tepat untuk digunakan, karena metode nilai jual relatif atau market value memberikan keuntungan bagi perusahaan, karena informasi biaya dapat diketahui dengan rinci dan akurat. Terdapat perbedaan antara perhitungan menggunakan market value dengan perhitungan asumsi perusahaan. Perusahaan membagi rata semua biaya yang di gunakan, sehingga, ada alokasi biaya yang rendah ataupun lebih tinggi tidak dapat diketahui secara jelas berapa biaya yang dikeluarkan untuk setiap jenis susu. Pada perhitungan biaya alokasi biaya bersama menggunakan metode market value, dapat diketahui secara jelas, biaya yang teralokasikan dan laba yang didapat dapat diketahui secara akurat.

                              Item Type: Article
                              Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                              Ilmu Sosial > Akuntansi
                              Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
                              Depositing User: Psi Udinus
                              Date Deposited: 13 Dec 2017 16:22
                              Last Modified: 13 Dec 2017 16:22
                              URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22759

                              Actions (login required)

                              View Item