AGNESIA, PRANOWO CHRISTIEN (2015) Meningkatkan Omzet Pemasangan Iklan Pada Tabloid Simpang 5 Melalui Perancangan Media Promosi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Sejak tahun 2005, tabloid simpang 5 terbit sebagai tabloid bulanan yang menyajikan berbagai informasi wisata, kuliner, hingga beragam bisnis yang ada di sekitar Semarang. Tidak hanya menyajikan berbagai informasi, tabloid simpang 5 juga menawarkan kerja sama bagi para pelaku bisnis yang ingin mempromosikan produknya. Namun, dengan semakin ketatnya persaingan industri, target omzet tabloid simpang 5 untuk setiap edisinya tidak dapat selalu tercapai. Oleh karena itu, diperlukan media promosi yang tepat agar dapat meningkatkan jumlah pemasang iklan pada tabloid simpang 5. Perancangan ini dibuat berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisa menggunakan metode SWOT. Media promosi yang digunakan merupakan media yang dapat secara langsung menjangkau target audiens dari tabloid simpang 5 yaitu para pelaku bisnis di sekitar Semarang. Media tersebut menginformasikan mengenai jasa yang ditawarkan dan diskon untuk pemasangan iklan pada tabloid simpang 5. Media utama yang digunakan pada perancangan ini adalah digital presentation. Media ini digunakan sebagai media untuk melakukan penawaran kepada klien. Selain itu digunakan pula media pendukung berupa folder, leaflet, kartu nama dan map yang berisi berbagai informasi mengenai tabloid simpang 5 serta kalender yang dikemas bersama dengan notes dan bolpoin yang dibagikan untuk para pemasang iklan. Perancangan media promosi ini diharapkan dapat menambah jumlah pemasang iklan sehingga dapat meningkatkan omzet tabloid simpang 5.
Actions (login required)