AGIL, (2016) Perancangan Media Promosi Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Petungkriyono sebuah wisata yang memiliki keunikan tersendiri, sebuah tempat wisata keluarga yang refresentatif. didalamnya terdapat wahana-wahana menarik, seperti welloriver, war game, curug, situs peninggalan bersejarah dan satwa langka. Namun pada beberapa tahun terakhir ini mengalami kenaiakan pengunjung namun tidak signifikan menurut pengamatan penulis serta data dari pihak pengelola disebabkan adanya kekosongan pada kegiatan promosi sehingga Petungkriyono tertinggal oleh kompetitor wisata sejenisnya. Dengan adanya permasalahan pada faktor promosi, maka penulis sebagai desainer yang bekerjasama dengan pihak pengelola dituntut untuk merancang media iklan yang sesuai dengan konsep dalam menginformasikan wisata Petungkriyono, metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif melalui wawancara ke pihak pengelola dan observasi kelapangan untuk mengetahui kondisi wisata tersebut. dalam Perancangan promosi komersial ini dilakukan melalui perencanaan media yang efektif dengan menggunakan analisis SWOT sebagai alat strategi terbaik menganalisa pasar. Untuk pengetahui kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman. Sehingga audience dapat mengetahui adanya kawasan wisata yang baik bagi keluarga. Media yang dibuat antara lain billboard, iklan surat kabar, spanduk sebagai media utama. Fyer, X-banner, kaos, poster, gantungan kunci,dan voucher sebagai media pendukung. Output yang dihasilkan adalah media promosi cetak yang baik, diharapkan petungkriyono lebih dikenal masyarakat, maka pihak pengelola perlu menciptakan media promosi untuk mengenakan angka jumlah pengunjung.
Actions (login required)