ANDHIKA, PRAKOSO (2016) ANALISIS TATA KELOLA SISTEM PENANGANAN GANGGUAN PADA PT. TELKOM REGIONAL JATENG DAN DIY BERDASARKAN KERANGKA KERJA COBIT 5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
PT. Telkom Regional Jateng dan DIY sebagai salah satu badan usaha yang bergerak dalam bidang jasa komunikasi keberadaanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan akan informasi dan komunikasi . Pada saat ini PT. Telkom dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan akan sarana dan prasarana telekomunikasi yang diperlukan oleh masyarakat khususnya konsumen atau pelanggan. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan PT. Telkom Regional Jateng dan DIY menggunakan Sistem Penanganan Gangguan. Untuk mengetahui apakah sistem informasi telah berjalan seperti yang diharapkan, maka perlu dilakukan analisis tatakelola teknologi informasi. Pada penelitian ini analisis tatakelola teknologi informasi berfokus pada domain monitoring, evaluate and assess (MEA01) pada framework COBIT 5. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kapabilitas dan strategi perbaikan untuk proses pengawasan, evaluasi dan penilaian kinerja IT. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan studi dokumen, kuesioner dan wawancara kemudian dianalisis tingkat kapabilitas dan kesenjangan, diperoleh hasil sebesar 81,68% atau sebanding dengan 3,24 dengan status Largely Achieved. Tingkat kapabilitas yang didapat dari hasil penelitian adalah level 3 dengan status Largely Achieved. Dapat disimpulkan bahwa terdapat kesenjangan (gap) selisih nilai untuk dapat mencapai hasil maksimal. Untuk menaikkan tingkat kapabilitas pada level 4 maka perlu dilakukan secara bertahap strategi perbaikan pada level 1 hingga level 4.
Actions (login required)