HARWANTO, (2016) Tinjauan Kelengkapan Administrasi Pasien Peserta BPJS Non PBI di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RSUP dr. Kariadi Semarang. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview | |
| PDF Download (371Kb) | Preview | |
| PDF Download (24Kb) | Preview | |
| PDF Download (24Kb) | Preview | |
| PDF Download (46Kb) | Preview | |
| PDF Download (57Kb) | Preview | |
| PDF Download (54Kb) | Preview | |
| PDF Download (162Kb) | Preview | |
| PDF Download (107Kb) | Preview | |
| PDF Download (309Kb) | Preview | |
| PDF Download (186Kb) | Preview | |
| PDF Download (95Kb) | Preview | |
| PDF Download (20Kb) | Preview |
Abstract
Latar Belakang:Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pasien peserta BPJS non PBI harus melengkapi persyaratan administrasi di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ). Persyaratan administrasi yang kurang lengkap akan menghambat pelayanan pendaftaran, sehingga waktu antrian pasien juga menjadi semakin lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelengkapan persyaratan administrasi pasien peserta BPJS non PBI di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang. Metode:Penelitian yang digunakanadalahpenelitian deskriptif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan pasien peserta BPJS non PBI, petugas pendaftaran, Koordinator dan Kepala Instalasi Rekam Medis diRSUP dr. Kariadi Semarang. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan dari 100 berkas di 10 loket pendaftaran pasien peserta BPJS, terdapat 8 berkas yang tidak lengkap. Persyaratan yang meliputi kartu identitas, kartu BPJS, surat rujukan dan surat kontrol tidak seluruhnya dapat dilengkapi oleh pasien. Dari wawancara yang dilakukan, ada pasien yang benar- benar tidak mengetahui bahwa persyaratan tersebut harus dibawa, tetapi ada juga yang mengetahui namun lupa atau tertinggal. Kesimpulan:Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka perlu dilakukan sosialisasi bagi peserta BPJS non PBI berupa pemberian informasi secara langsung baik dari pihak rumah sakit maupun BPJS mengenai prosedur dan kelengkapan persyaratan administrasi pasien peserta BPJS non PBI, serta penambahan sarana dan prasarana berupa brosur atau spanduk di rumah sakit untuk mendukung sosialisasi terse
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:51 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 14:51 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20242 |
Actions (login required)
View Item |