UDiNus Repository

ANALISIS KINERJA SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN PADA LaporGub PROVINSI JAWA TENGAH BERDASARKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN APO (Align, Plan, Organize)

ELI, SINAGA MARTOHAP (2016) ANALISIS KINERJA SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN PADA LaporGub PROVINSI JAWA TENGAH BERDASARKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN APO (Align, Plan, Organize). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview
    [img] Image (JPEG)
    Download (0b)
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (288Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (13Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (117Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (121Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (120Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (136Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (120Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (107Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (583Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (82Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          PDF
                          Download (88Kb) | Preview
                            [img]
                            Preview
                            PDF
                            Download (77Kb) | Preview

                              Abstract

                              Sistem Layanan Pengaduan LaporGub produk yang digagas oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah untuk mempermudah masyarakat atau publik khususnya Jawa Tengah dalam melakukan pengaduan terkait dengan kinerja atau pelayanan. Pemerintah dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan akan sarana dan prasarana diberbagai sektor yang diperlukan masyarakat, dalam meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuat suatu Sistem Informasi Layanan Pengaduan LaporGub untuk membantu dan mempermudah masyarakat dalam pengaduan dan berinteraksi langsung, serta mengetahui kinerja dari Pemerintah tersebut. Untuk mengetahui apakah sistem informasi Layanan Pengaduan berjalan seperti yang diharapkan maka perlu dilakukan analisis kinerja sistem layanan pengaduan. Pada penelitian ini analsis kinerja sistem berfokus pada domain Align, Plan and Organize (APO11) pada framework COBIT 5. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem manajemen mutu, Tingkat Kapabilitas dan strategi perbaikan untuk peningkatan layanan dan penilaian kinerja IT. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan studi dokumen, kuesioner dan wawancara kemudian data tersebut diolah untuk mendapatkan nilai tingkat kapabilitas dan kesenjangan. Hasil yang diperoleh yaitu Capabality Level APO11 pada LaporGub kondisi saat ini adalah level 3 (Established Process) dengan level yang ingin dicapai adalah level 4 (Predictable Process). Sehingga untuk menutupi kesenjagan (gap) yang terdapat pada LaporGub dapat melakukan rekomendasi yang diberikan untuk proses mencapai target level yang diinginkan.

                              Item Type: Article
                              Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
                              Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                              Depositing User: Psi Udinus
                              Date Deposited: 04 May 2017 15:37
                              Last Modified: 04 May 2017 15:37
                              URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21894

                              Actions (login required)

                              View Item