UDiNus Repository

TINJAUAN ALUR PROSEDUR PELAYANAN DI TPPRJ RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KRT SETJONEGORO WONOSOBO TAHUN 2016

SUMARNI, INA TAMU (2016) TINJAUAN ALUR PROSEDUR PELAYANAN DI TPPRJ RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KRT SETJONEGORO WONOSOBO TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (309Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (99Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (14Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (262Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (258Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (513Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (409Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (227Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (249Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (113Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (95Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          PDF
                          Download (88Kb) | Preview

                            Abstract

                            ABSTRAK: Alur prosedur pelayanan di rumah sakit adalah tata cara yang merupakan pedoman yang dapat memberi acuan pola kerja terarah. Adanya prosedur merupakan salah satu bentuk peningkatan mutu pelayanan dan pencapaian nilai akreditasi rumah sakit.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan alur prosedur pelayanan di TPPRJ RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Metode penelitian yaitu observasi dan wawancara dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah 9 petugas pendaftaran, objek penelitian adalah alur prosedur pelayanan di TPPRJ. Data dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan teori. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 9 petugas pendaftaran pasien rawat jalan yang melaksanakan pendaftaran pasien dengan berpedoman pada standar operasional prosedur dan kebijakan di TPPRJ. Dari faktor man menunjukkan tidak ada yang berpendidikan DIII RMIK, faktor materialmenunjukkan area kerja petugas TPPRJ yang sempit dan mengurangi ruang gerak. Faktor methodemenunjukkan petugas pendaftaran telah melaksanakan pelayanan sesuai standar operasional prosedur, faktor machinemenunjukkan sarana yang sering kali rusak seperti komputer, alat pencetak label, dan tidak adanya penggunaan KIUP secara manual. Saran bagi RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo adalah peningkatkan kualitas pelayanan di TPPRJ dengan mensosialisasikan isi kebijakan dan prosedur tetap ke seluruh petugas rekam medis, pengadaan KIUP manual sehingga mempercepat pelayanan ketika KIUP elektronik tidak bisa dioperasikan, dilakukan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan petugas, adanya penyegaran atau refresing untuk setiap karyawan, adanya perawatan terhadap sarana kerja, perluasan ruang TPPRJ dan penataan ruang yang baik agar nyaman ditempati. Kata Kunci : TPPRJ, Alur Prosedur, Pendaftaran

                            Item Type: Article
                            Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
                            Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
                            Divisions: Fakultas Kesehatan
                            Depositing User: Psi Udinus
                            Date Deposited: 22 Sep 2016 14:23
                            Last Modified: 22 Sep 2016 14:23
                            URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19129

                            Actions (login required)

                            View Item