BAGUS, SURANTO EDY (2016) ANALISIS PROSES PERMINTAAN LAYANAN DAN INSIDEN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (DSS02) DALAM PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PADA BPPT KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
BPPT Kota Semarang merupakan sebuah badan pemerintahan Kota Semarang yang menyediakan pelayanan jasa terkait dengan perijinan. Dalam manajemen pengolahan data, BPPT Kota Semarang telah menggunakan teknologi informasi perijinan yaitu OSS BPPT untuk mendukung kegiatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Pada OSS BPPT, kegiatan proses permintaan layanan dan insiden belum terdefinisi dalam sebuah Standard Operational Procedure (SOP) sehingga terjadi kurangnya pengawasan jika muncul bug error, gangguan pada software maupun jaringan. Untuk mengetahui apakah PTSP telah berjalan seperti yang diharapkan, maka perlu dilakukan analisis tatakelola teknologi informasi. Pada penelitian ini analisis tatakelola teknologi informasi berfokus pada proses permintaan layanan dan insiden teknologi informasi, yaitu domain DSS02 pada framework COBIT 5. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kapabilitas dan strategi perbaikan untuk proses permintaan layanan dan insiden TI. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan studi dokumen, kuesioner dan wawancara kemudian dianalisis guna menentukan tingkat kapabilitas. Tingkat kapabilitas yang didapat dari hasil penelitian yaitu berada level 2 (managed). Untuk menaikkan tingkat kapabilitas pada level 3 maka maka perlu dilakukan secara bertahap strategi perbaikan pada PA 2.1, PA 2.2, PA 3.1, dan 3.2.
Actions (login required)